Wednesday, December 4, 2013

Cara Bermain Travian

Di Travian ada 4 jenis sumber daya yang dimiliki oleh setiap suku yaitu Kayu, Liat, Besi dan Gandum.
Sumber daya merupakan bahan baku untuk meningkatkan level sumber daya itu sendiri, meningkatkan level bangunan, membuat pasukan, meningkatkan kemampuan pasukan penyerang maupun pertahanan. Melihat pentingnya sumber daya bagi perkembangan suatu desa maka tidak heran bila sumber daya menjadi rebutan oleh setiap pemain.
Kayu adalah jenis sumber daya yang paling diperlukan oleh suku Teuton. Dalam membuat bangunan atau pasukan Teuton umumnya memerlukan jumlah Kayu lebih banyak dari sumber daya yang lain. Karena itu Teuton selalu berusaha menguasai oasis Kayu dan Gandum. Bila memiliki Penebang Kayu level 10 dapet membangun Pemotong kayu untuk meningkatkan kapasitas produksi didesa itu sebesar 25%.
Liat adalah sumber daya yang paling diperlukan oleh suku Galia. Mereka umumnya memerlukan Liat  lebih banyak dari sumber daya yang lain ketika membuat bangunan dan pasukan. Oasis yang paling cocok untuk galia adalah oasis Liat dan Gandum. Untuk menambah kapasitas produksi Liat perlu dibangun Pabrik Bata yang akan menambah kapasitas produksi di desa tersebut sebesar 25%.
Besi adalah sumber daya yang paling diperlukan oleh bangsa Romawi ketika mereka membuat bangunan atau pasukan. Oasis Besi dan Gandum adalah oasis yang paling digemari oleh Romawi. Kapasitas Produksi Besi dapat ditambah sebesar 25% dengan membangun Peleburan Besi.
Gandum adalah sumber daya yang jumlahnya paling sedikit diperlukan ketika membangun atau membuat pasukan. Namun Gandum diperlukan untuk memberi makan pasukan di desa. Desa biasa terdiri dari 6 Ladang, 4 Kayu, 4 Liat dan 4 Besi. Jumlah Ladang lebih banyak dari sumber daya yang lain karena kapasitas produksi perjamnya akan turun bila kita membuat pasukan. Pemain yang memiliki pasukan dalam jumlah besar harus memiliki desa ibukota yang terdiri dari 15 Ladang, 1 Kayu, 1 Liat dan 1 Besi. Semakin banyak jumlah pasukan yang ada didesamu maka kebutuhan Gandum juga semakin besar. Kapasitas produksi Gandum dapat ditambah sebesar 25% dengan membangun Penggilingan Gandum dan 25% lagi dengan membangun Toko Roti.
Balai Desa
Balai Desa adalah tempat dimana perayaan diadakan. Tujuan diadakannya perayaan adalah untuk meningkatkan nilai budaya.
Nilai budaya / culture point ( CP ) adalah salah satu syarat untuk menambah desa baru. Baik penambahan desa dengan menggunakan settler maupun dengan cara conqer.
Nilai budaya bertambah setiap kali kita menaikkan level bangunan dan sumber daya. Bila ingin nilai budaya bertambah dengan cepat harus dilakukan perayaan di Balai Desa.
Semakin tinggi Balai Desa maka semakin besar Nilai Budaya yang dihasilkan melalui perayaan dan semakin cepat perayaan selesai. Balai Desa lv 1 – 10 hanya dapat membuat perayaan yang menghasilkan 500 nilai budaya saja. Balai desa lv 11 – 20 dapat membuat perayaan yang menghasilkan 2000 bilai budaya.
Balai Desa dapat dibangun di semua desa tapi saya tidak sarankan membangun Balai Desa di Ibukota atau desa hammer. Sebaiknya Balai Desa dibangun di desa support saja.
Nilai budaya dapat dilihat di istana / kastil.
Ini daftar nilai budaya yang didapatkan tiap kenaikan level bangunan atau sumber daya.
Ini daftar nilai budaya yang diperlukan untuk membuat desa baru.
Pembelian GOLD tanpa kartu kredit silahkan hubungi ID YM quini@ymail.com
Desa Hammer
Desa Hammer adalah sebutan untuk desa yang khusus memproduksi pasukan serang. Pemilihan desa untuk dijadikan desa hammer dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Saya akan bagi menjadi 2 :
1. Ibukota sebagai desa hammer
Pemain yang sudah berpengalaman selalu memilih desa yang memiliki 15 ladang + bonus oasis gandum 150% sebagai ibukota. Kemudian mereka membangun desa hammer disini.
Kelebihan
  • Persediaan gandum untuk makan pasukan melimpah sehingga
  • Dapat memproduksi pasukan dalam jumlah besar.
  • Ibukota tidak dapat diambilalih secara paksa ( conquer ) oleh pemain lain.
  • Diibukota dapat dibangun tukang batu sehinga bangunan lebih kokoh dan sulit dihancurkan dengan cata.
Kekurangan
  • Diibukota tidak dapat dibangun barak besar dan istal besar sehingga produksi pasukan kurang cepat..
  • Ibukota sebagai desa hammer membuat lokasi yang dapat dijadikan gudang terbatas sehingga ladang tidak dapat ditingkatkan sampai level 20.

Bangunan yang ada didesa ini : Bangunan utama, lumbung, gudang, barak, istal, bengkel, tukang batu, padepokan, pasar, istana.
2. Ibukota tidak memproduksi pasukan apapun
Desa dengan 15 ladang dan 150% bonus oasis gandum tetap dijadikan ibukota hanya disini tidak diproduksi pasukan apapun.
Kelebihan
  • Lokasi untuk membangun gudang lebih banyak sehingga ladang dapat ditingkatkan sampai level 20
  • Dapat membangun barak besar dan istal besar sehingga dapat mempropduksi pasukan dalam jumlah besar secara cepat.
Kekurangan
  • Desa hammer bisa diambilalih secara paksa oleh pemain lain yang menyebabkan pasukan hammer kita hilang.
  • Desa hammer harus memiliki banyak lumbung supaya ketika pasukan serang ditarik pulang pemilik desa tidak terlalu tersiksa oleh gandum yang minus.
Bangunan yang ada didesa ini : bangunan utama, gudang, lumbung, pasar, padepokan, istana.
Bila memutuskan untuk memilih ibukota tanpa pasukan sebaiknya desa hammer letaknya tepat disamping ibukota supaya ketika menarik pasukan tidak memerlukan waktu yang lama juga ketika mendistribusikan gandum.
NB : istana di ibukota dapat dibongkar setelah menghasilkan 3 desa. Hal ini dapat dilakukan karena ibukota tidak dapat diambilalih secara paksa oleh pemain lain
Untuk pembelian GOLD tanpa kartu kredit silahkan hubungi ID YM : quini@ymail.com.
Hero / Ksatria
Ada beberapa pertanyaan yang biasanya sering ditanyakan mengenai Ksatria / Hero.
Q :    1 id bisa memiliki berapa Hero ?
A :    1 id hanya dapat memiliki 1 Hero
Q :    Dimana Hero dibuat ?
A :    Dipadepokan
Q :    Apa gunanya Hero ?
A :    Untuk ambil oasis, untuk perang
Q :    Bagaimana cara untuk menaikkan level Hero ?
A :    Level Hero naik saat terjadi pertempuran baik sebagai penyerang        maupun sebagai pembela.
Q :    Apakah Hero bisa diganti ?
A :    Bisa. Bila Hero mati, hero dapat dibangkitkan lagi dan dapat
menggunakan pilihan jenis hero yang sama atau ganti jenis Hero. Bila     ganti jenis Hero maka level Hero akan kembali ke awal.
Q :    Sebaiknya pilih pasukan jenis apa untuk dijadikan Hero di tiap suku ?
A :    Tidak ada ketentuan tiap suku harus menggunakan Hero apa.
Umumnya Romawi menggunakan EC sebagai pilihan Heronya.
Teuton menggunakan TK bila main sebagai penyerang dan
Paladin Bila bermain sebagai pembela. Galia umumnya memilih Haeduan sebagai Heronya.
Namun ada pendapat lain mengenai pemilihan Hero ini. Ada pemain yang memilih hero dari jenis pasukan yang harganya murah,seperti Teuton memilih clubswinger. Pertimbangannya adalah :
  • Harga clubswinger murah sehingga bila level Hero sudah tinggi kemudian Heronya mati, permain tidak perlu mengeluarkan banyak reso untuk menghidupkannya kembali.
  • Dalam sebuah pertempuran, jumlah pasukan penyerang lebih menentukan kemenangan dibandingkan jenis Hero.
Bagi yang kesulitan membeli GOLD karena tidak memiliki kartu kredit, bisa menghubungi ID YM : quini@ymail.com
Tips Mengatasi  Usaha Pengambilan Desa
Usaha untuk mengambil alih desa milik pemain lain biasa disebut dengan conquer atau disingkat conq. Biasanya hal ini dilakukan oleh pemain yang ingin menambah jumlah desa tapi tidak mau membuatnya dari awal dengan settler.
Tentu saja tidak ada pemain yang dengan rela mau menyerahkan desanya untuk diambil alih oleh pemain lain. Biasanya desa dengan populasi diatas 500 yang menjadi incaran untuk di conq.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengagalkan usaha pengambilalihan ini :
  1. Lakukan pertahanan terbaik di desa dengan menggunakan pagar tembok lv 20, pasukan defense dan tambahan bonus pertahanan sebesar 10% dengan gold.
  2. Bila pertahanan berhasil dihancurkan oleh lawan maka segera mendirikan kembali kastil/istana yang telah dihancurkan. Selama kastil/istana masih berdiri di suatu desa maka loyalitas desa tersebut tidak bisa diturunkan.
  3. Bila mengetahui usahanya untuk menurunkan loyalitas gagal karena masih ada kastil / istana yang berdiri maka lawan akan kembali menyerang dengan cata dengan sasaran yang sama yaitu kastil atau istana. Usaha ini dapat diperlambat dengan mengganti kastil yang telah hancur dengan mendirikan istana. Lawan telah mengatur agar cata menghancurkan kastil sedangkan pemilik desa setelah kastilnya hancur tidak lagi membangun kastil tapi membangun istana sehingga cata akan menghancurkan bangunan yang lain.
  4. Bila sudah ada istana di desa lain sehingga tidak bisa mengganti kastil yang telah hancur dengan istana, maka segera bangun kembali kastil dengan perhitungan yang cermat yaitu kastil harus sudah naik ke lv 1 saat chief datang sehingga usaha untuk menurunkan loyalitas dapat digagalkan.

Tips mengatasi croplock

Crop Lock adalah serangan ke suatu desa dengan menggunakan cata yang bertujuan untuk menghancurkan   semua yang berhubungan dengan gandum seperti ladang, penggilingan gandum, toko roti dan lumbung.
Tujuan dari dilancarkannya serangan croplock adalah agar desa tidak bisa dikirimi pasukan pertahanan sehingga desa tersebut dengan mudah dapat dihancurkan ( dibuat 0 populasinya ) atau diambil alih ( conquer ).
Ada beberapa tips untuk mengatasi serangan croplock :
  1. Segera bangun kembali lumbung agar dapat dikirim gandum dari desa lain untuk memberi makan pasukan pertahanan ( defense )
  2. Naikan semua ladang, jangan fokus pada 1 ladang saja karena bila kita punya 6 ladang dan musuh menyerang dengan cata dengan target 2 ladang maka kita masih punya sisa 4 ladang tapi kalau kita focus membangun 1 ladang saja maka ladang tersebut akan hancur terkena cata dan kita tidak memiliki ladang untuk memberi makan pasukan yang mempertahankan desa.
  3. Gunakan gold untuk menambah nilai pertahanan sebesar 10% ( 2 gold )
  4. Untuk mempercepat pembangunan lumbung dan ladang kita bisa menggunakan fasilitas travian plus yang memungkinkan teuton dan galia mengerjakan 1 pekerjaan + 1 pekerjaan ( daftar tunggu ) sedangkan romawi mengerjakan 2 pekerjaan sekaligus + 1 pekerjaan ( di daftar tunggu. Penggunaan fasilitas travian plus ini berlaku disemua desa selama 3 hari dan biayanya 3 gold.
  5. Untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dapat menggunakan 2 gold. Maka dalam 1 detik semua pekerjaan yang sedang dikerjakan dan pekerjaan dalam daftar tunggu akan selesai. Berlaku hanya di 1 desa saja. Biaya 2 gold. Fasilitas ini tiak ebrlaku untuk pembangunan istana / kastil.





0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com